Thank’s God Aku Lahir Sebelum Tahun 80!

Sepultura

Aneh ya judul tulisanku di atas.   Ini ada hubungannya dengan lagu dan musik kesukaanku.  Seperti tulisanku yang lalu (baca :  Musikku tertinggal 10 tahun yang lalu), kali ini aku juga mau cerita tentang musik.  Sampai saat ini aku masih dengerin lagu Gun N Roses, Scorpion,  Sepultura, Bon Jovi dan band-band seangkatannya. Untuk band perempuannya ada Ace of Base, The Crenberries, No Doubt hingga generasi terbaru The Corrs.

Beberapa hari ini terlintas ide untuk ngumpulin lagi CD band-band kesayanganku.  Trus, aku juga pengen belajar main gitar.  Kelak, CD-CD lagu kesayanganku akan kuwariskan ke anak atau ke keponakanku.  Hmmm, kayaknya aku kok ga rela ya kalo mereka mendengarkan lagu alay-alay band sekarang.  Udah kebayang, sore-sore nge-jam bareng anak, bawain lagu Metallica atau Sepultura?…Hahahhaaah… Kira-kira, nanti anakku ngomong apa ya kalo liat ibunya masih suka lagu metal?

Untukku, musik jadul itu ya musik sejati.  Ga ada matinya cing.  Periode emas musik rock itu sekitar tahun 1980-an hingga tahun 90-an.  Gila,  banyak banget lagu jadul yang menurutku justru bukan cuma masterpiece pada jamannya.  Lagu-lagu lawas tetep enak  dan masih masterpiece sampai tahun 2010 yang hampir berakhir ini.

Apa khabar musik Rock?

Aku bandingin band jadul ama sekarang itu, kok rasanya ga sebanding ya?  Berarti ga boleh dibandingin dong  :).  Bukankah kita ga bisa membandingkan sesuatu yang tidak sekelas?  Hahahahah…sorry…sorry kalo ada yang ngambek. Pemusik sekarang itu kebanyakan modal rambut mirip Ariel Peterpan doang, trus bisa main gitar genjrang genjreng langsung bisa disebut sebagai seniman.  Weks…ga banget deh.

Bisa jadi karena beberapa tahun ini aku ga intens mendengarkan lagu-lagu teranyar, jadi bisa ngomong gini.  Tapi ga juga sih… Tiap tahun aku mudik dan tiap tahun dibikin bingung karena otakku ga sanggup membedakan antara band yang satu dan lainnya.  Musik dan gayanya semua pada sama.  Poll!   Lha, begimana aku bisa jatuh cinta ama lagu yang keliatannya biasa banget.

Belum lagi band sekarang ini pada ga jantan untuk nyanyi secara live.  Ga di studio ga di panggung terbuka, rata-rata lipsync.  Ga malu gitu ngebohongin penonton?  Gaya aja kayak superstar, tapi menjalani pekerjaannya aja masih kebanyakan palsunya.  Udah jelas sebagai penyanyi ya mestinya kalo tampil ya nyanyi dalam arti sebenarnya.  Bukan pura-pura menyanyi.

Forever in one by Helloween merupakan salah satu lagu wajib band beraliran musik rock

Secara teknik, aku pikir pemusik sekarang ga terlalu menyukai teknik yang sulit.  Apa karena trend lagu easy listening?  Trus, gimana dengan lirik yang lebay alay-alay?…  Buset deh, dari dulu juga tema lagu ya tentang cinta.  Itu benar.  Tapi, lirik lagu jaman sekarang ini terlalu ringan seperti snack.  Jadi ga mengenyangkan gitu.  Kadang malah ga bermanfaat (semoga ga malah bikin letoy  🙂  Bukankah kebanyakan makan snack ga baik untuk kesehatan?

Udah dulu atuh ya cerita ngalor ngidulnya sebelum aku tidur, lama-lama nepsong juga nih.  Yang jelas  ya… Kalo lagu jadul itu memberi energi untuk yang mendengarnya.  Kalau lagu sekarang mah menguras energi pendengarnya.  Kayaknya, malam ini aku akan berdoa : Thank’s God aku lahir sebelum tahun 80.

Salam,

Note : catatan ini hanya draft aja.  Kapan-kapan aku edit ya setelah riset data-data yang dibutuhkan.

Ket : gambar dari Google

4 thoughts on “Thank’s God Aku Lahir Sebelum Tahun 80!

  1. Realino Patriotski berkata:

    Menurut gw Industri Musik Major Label lahhh penyebab utama mandulnya kreatifitas dalam berkarya musik. Para musisi diwajibkan berkiblat ke pada Pasar Musik, mereka pun akhirnya gak sungkan lagi menjadi Plagiator Sejati hanya untuk memenuhi kebutuhan Pasar. Ke-Original-lan produk musik sekarang sangat diragukan..Keep Spirit Rockin & Grind Pop Art.

    Realino Patriotski

Tinggalkan Balasan

