Sore-sore Nyiram Cabe. Coba Tebak Dimana Suriname

Belanda…!!!! Aku yakin deh pasti itu jawaban temen-temen semua. Ternyata Suriname itu berada di… (sengaja jawabannya dipending, ga adil kalo langsung kukasih tau hehehe).

Latar belakang peristiwa ini adalah obrolanku ama Ade di toko.  Nah, Ade dapet 2 ticket gratis dari milles Alitalia.  Berhubung cuma valid make Alitalia, kita mulai mikirin daerah Eropa sebagai tujuan kali ini (diutamakan Schengen, selama masih Uni Eropa, kita ga harus apply visa turis).

Ideku adalah Belanda, sekalian ke Suriname menghapus penasaran cara hidup orang Jawa yang katanya banyak di Suriname. Adeku langsung protes ‘Kata siapa Suriname di Belanda?’  Dalam hati aku kesel juga kok punya Ade yang Geografi-nya payah.   Suriname di Belanda, itu kebenaran umum, de…

Setelah adu argumen, kami putusin untuk bertanya ama bung Google.  Hehehehe, dan saudara-saudara sekalian, ternyata Suriname itu ada di ———–Amerika Latin———- Jauh banget ya, dengan pikiranku selama ini kalau  Suriname itu di Belanda.  Beda benua gitu lho.  Tepatnya diapit Guyana, nah Guyana sendiri berbatasan langsung dengan Venezuela.  Ini cuma gambaran kasar, biar temen-temen bisa bayangin. Emang sih, Suriname itu bekas jajahan Belanda tapi bukan berarti ada di Belanda. Aku yang memposisikan diri sebagai orang yang tau banyak hal, tiba-tiba kepercayaan diriku runtuh berkeping-keping (udah salah, ngotot lagi…)

 

Pertanyaanku sekarang, dosa siapa yang buat pertanyaan kayak gini ‘‘Sebutkan nama kota di Belanda yang terdapat banyak etnis Jawa?’‘  Pasti jawabannya Suriname.  Pertanyaan kayak gini kan selalu muncul di sekolah-sekolah kita.  Jadi pengen ketemu guru IPS jaman dulu, buku pegangannya terbitan mana sih.

 

Aku survey 8 orang dengan pertanyaan ‘dimana letak Suriname’ hehehe 6 orang jawab di Belanda, 1 orang jawab ga tau, trus 1 orang jawab di Afrika (kalo ini kebangetan, maksain gitu lho…).

 

Aku jamin, abis baca tulisan ini, temen-temen pasti pada bikin survey, minimal tancap gas ke google.  Nyari Suriname kan?

 

salam,

Ge, 23 July 2008 (* ditulis pertama kali)

4 thoughts on “Sore-sore Nyiram Cabe. Coba Tebak Dimana Suriname

  1. Sophie berkata:

    Hahahaha, aku ngak tancap gas karena udah tau Suriname bukan di belanda, untung aye dulu belajar Ilmu Bumi..
    Selamat Hari Kemerdekaan, Dirgahayu Indonesia

  2. samsira berkata:

    ak jg baru tahu bbrp bulan yg lalu, ktika ada siaran d tv bahwa letak suriname di amerika selatan. apa penyiarnya salah baca (dalam hati), ak sudah tahu suriname adalah negara yg letaknya berbatasan dgn belanda. (sok tahu). hehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s