Tata Tertib Masuk Toko

Tulisan ini terinspirasi dari pengalamanku selama menjadi penjaga toko di sini.  Merupakan hal-hal yang lebih bersifat etika dan tidak baku apalagi tertulis.

Karakteristik  Toko di Genova

Satu-satunya mall di kotaku

Di Genoa sendiri cuma ada 1 pusat pertokoan dan itu pun di pinggir kota.  Toko-toko di sini kecil-kecil dengan desain interiornya serba compact.  Jumlah karyawannya dikit, biasanya maksimal 2 orang plus pemilik.  Untuk menghemat gaji karyawan, pemilik toko, restauran atau bar biasanya turun langsung.

Selama operasional toko/restoran, kehadiran Il Responsabile (Penanggung Jawab) wajib hukumnya.  Jadi, mau ga mau pemilik memang nongol tiap hari di toko (untuk toko kecil), atau wewenang bisa dialihkan ke karyawan lain yang telah mengikuti sebuah pelatihan (lupa lagi nama pelatihannya).  Nah, karena tokonya kecil-kecil, maka jarak antara pengunjung dan penjaga toko sangat dekat.


Karena itu, seperti judul di atas, berikut tata tertib masuk toko (toko kecil lho… ).

  • be a nice visitor

    Ucapakan salam, entah selamat pagi, siang atau malam. Biasanya salam Anda akan dibalas dengan ramah dan merupakan awal yang baik untuk berinteraksi selama di dalam toko. Jangan tiru kebiasaan warga Russia yang suka selonong boy dan ngacak-ngacak tanpa ijin.  BIG NO NO…    Jadi teringat sebuah polling saat aku kursus apprendista (pekerja pemula dulu).  Ternyata semua penjaga toko paling sebel kalau pengunjung tidak mengucapkan salam atau tidak membalas salam dari penjaga toko.  Penjaga toko juga manusia, butuh penghargaan  🙂

  • Sebelum masuk toko, perhatikan jam buka toko.  Di Genova, jam buka toko adalah pukul 09.30-19.30.  Tapi hati-hati, biasanya sekitar pukul 12.30-15.30 pertokoan akan tutup (karyawan/pemilik makan siang).  Jadi, misalkan Anda tiba di depan pintu toko pukul 12.15, ada baiknya untuk bertanya apakah mereka masih terima tamu atau sudah tutup. Sekedar informasi, selain jam operasional di atas, jam buka toko juga berbeda menurut harinya.  Pada hari Senin, sebagian besar toko akan buka pada pukul 15.30-19.30.  Hari Selasa – Sabtu buka dari pagi dan diselingi dengan tutup untuk istirahat/makan siang.  Pada hari Minggu sebagian besar toko tutup, kecuali yang berada di lokasi wisata atau jalan raya.  Jam buka ini kadang berubah saat summer dan winter.
  • Apa boleh masuk? Pertanyaan di atas kesannya konyol.  Wong ada tamu berniat belanja mosok iya harus nanya dulu.  Tapi karena kebiasaan di sini emang begitu, ya ikutin aja.
  • Minta izin sebelum menyentuh atau mencoba sesuatu.  BIG NO NO yang lain adalah dalam hal menyentuh barang.  Bila Anda bertemu penjaga toko yang baik (atau mungkin cuek?), Anda boleh menyentuh barang-barang di toko, tapi sebaiknya minta ijin dulu daripada ditegur.  Orang sini galak-galak bo dan ga sungkan menegur tamunya.

  • Katakan dengan jelas apa kebutuhan Anda.  Walaupun penjaga toko ditakdirkan menjadi pendengar yang baik, tapi sebaiknya katakan dengan jelas apa kebutuhan Anda. Misalnya Anda masuk ke toko pakaian dan butuh celana jeans.  Langsung katakan : Aku butuh celana jeans warna hitam, merk A, model B dengan harga C.  Ini akan menghemat waktu Anda dan penjaga toko.  Bila yang Anda butuhkan tidak tersedia, jangan khawatir, penjaga toko akan dengan senang hati menawarkan produk lain yang kira-kira bisa jadi pertimbangan Anda. Tapi jangan sekali-kali mengatakan : ”Jeans apa aja deh’‘. Aku jamin, penjaga toko langsung mengatakan : ”Lihat, semua jeans yang kami miliki ada di hadapan Anda.  Coba cek siapa tau Anda menemukan jeans yang Anda butuhkan”. (Biasanya penjaga toko udah ga ramah lagi dan cenderung  mengusir secara halu
  • Masuk toko dengan konsep di kepala.  Oke, Anda tidak tahu ukuran jeans Anda atau model yang cocok dengan tubuh Anda.  Tapi paling tidak Anda sudah tau jeans tersebut akan dipakai pada kesempatan apa, atau budget yang ada.  Lain hal jika Anda berniat mencari hadiah, katakan saja Anda mencari hadiah dan Anda tidak tau ukuran jeans yang dibutuhkan.  Maka penjaga toko tetap akan melayani Anda dengan baik.  Jangan khawatir, 30 hari setelah pembelian, barang masih dapat ditukar.  Jangan lupa bawa bon pembelian ya.  Kesimpulannya, masuklah ke toko dengan ABCDE barang yang dicari.
  • Happy shopping

    Simpan bon pembelian.  Ini penting karena siapa tau dalam 30 hari ini Anda berubah pikiran dan ingin mengganti barang yang telah Anda beli.  Dan, di sini ada peraturan bahwa setiap barang yang telah dibeli, harus selalu disertai dengan pon pembelian.  Bila Anda kebetulan diperiksa Polizia Finanziaria dan tidak dapat menunjukan bon pembelian, Anda akan dapat multa (denda).  Ini bila kelalaian ada di pihak Anda.  Cerita akan berbeda bila ternyata penjual yang tidak membuatkan Anda bon penjualan, maka penjual yang kena sanksi.  So, lebih hati-hati.

  • Ucapkan salam dan terima kasih.  Meskipun barang yang Anda butuhkan ga ketemu, jangan lupa ucapkan terima kasih dan salam sebelum meninggalkan toko.  Meskipun kemungkinan besar Anda tidak akan kembali lagi ke toko tersebut, tapi mendapat cap ‘‘MALEDUCATO” (tidak berpendidikan) tetap saja bukan hal yang menyenangkan bukan?

Semoga Anda beruntung mampir ke Genova dan mempraktekan tata tertib di atas.  Happy shopping!

Salam,

Ket : gambar dari Google

Iklan

4 thoughts on “Tata Tertib Masuk Toko

  1. setyo berkata:

    wah…kalo Di negeriku tata tertib pembeli dengan pemilik kios terjaga baik, kecuali kalo kita ‘black list’ pengutang di kios tersebut

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s